TopMenu

Selasa, 24 Juli 2012

Tips Nyamannya Outdoor Ruang Keluarga


Ruang keluarga tak harus selalu berada di dalam ruangan. Coba manfaatkan taman di belakang rumah sebagai tempat berkumpul yang menyatu dengan alam.


Apa saja poin penting yang harus diperhatikan ketika membuat outdoor living room? Sarwosri Moertiningsih,
arsitek lansekap lulusan Arsitektur Lansekap Universitas Trisakti yang merupakan CEO Renoz Studio Group, membagi ilmunya soal pemanfaatan taman belakang sebagai ruang keluarga luar ruang.

Pohon sebagai Atap
Menurut Sarwosri, dibanding membuat gazebo, akan lebih ekonomis jika Anda membuat tempat berkumpul yang beratapkan pepohonan saja. Justru naungan pepohonan akan membuat suasana terasa lebih adem. “Manusia itu rugi kalau tidak punya pohon. Lebih baik uang untuk membangun gazebo digunakan untuk menanam pohon,” lanjutnya. Jika hujan turun, tentu pemilik rumah tinggal masuk saja ke dalam rumah.

Pentingnya Komposisi
Setiap item yang ada di outdoor living room harus dipikirkan skala ruangnya, termasuk besaran vertikal dan horizontal. Jangan paksakan menanam pohon yang terlalu besar dan tinggi di halaman berukuran 3 meter x 2 meter karena justru akan membuat pemandangan menjadi sumpek.
Selain itu, pikirkan juga matang-matang konsep yang diinginkan. Misalnya, jika fungsi relaksasi dianggap lebih penting daripada keramaian, berikan porsi yang lebih besar pada area kolam dan tanaman dibandingkan area duduk.

Pilih Material yang Benar
Pilihlah material yang sesuai untuk lokasi outdoor. Misalnya, gunakan kursi berbahan rotan buatan yang tahan air. Faktor keselamatan juga harus diutamakan. Oleh karena itu, sebisa mungkin pilih material yang tidak licin jika kena air hujan. Untuk decking pada jalan setapak atau bagian atas kolam, coba aplikasikan panel beton yang menyerupai kayu atau keramik bertekstur kasar yang biasa digunakan di kamar mandi.

Permainan Lampu
Ciptakan suasana berbeda di malam hari dengan permainan lampu. Jenis, penempatan dan jumlah lampu yang dipasang memengaruhi efek yang ditimbulkan. Kita bisa menciptakan kesan romantis dengan penerangan temaram dan sejumlah lampu yang mengintip dari dasar kolam. Atau gunakan lampu berwarna putih untuk kesan lebih terang.
(Aghnia Sofyan)
Desain: Sarwosri Moertiningsih

Baca Juga  Vertical Garden Untuk Lahan Terbatas


0 komentar:

Posting Komentar