TopMenu

Rabu, 13 Juni 2012

Disain Ramah Lingkungan


OriginHouse & Kitchen yang berlokasi di Jalan Sumatera, Bandung ini tidak hanya menyuguhkan hidangan yang sehat tetapi juga menjual produk organik. Konsep resto dan toko ini berawal dari kepedulian pemiliknya terhadap upaya pelestarian alam dan asupan makanan yang sehat (wellness) yang disesuaikan dengan gaya hidup warga kota Kembang.
Selain itu, pemilik juga menyediakan furnitur dan aksesori yang berkonsep ramah lingkungan dari berbagai merek. Di tahap awal, pemilik dan tim desainer membagi layout bangunan menjadi tiga area yaitu area ritel untuk toko produk organik di muka kaveling, area ritel untuk furnitur dan aksesori (household) di bagian tengah dan area bistro serta bakery untuk bersantap sekaligus bersantai di bagian belakang. Area servis termasuk dapur ditempatkan di bagian samping dan beberapa dinding dan model atap perisai rumah lama dipertahankan.

Dalam rancangan arsitektur ataupun interior bangunan, diterapkan konsep desain 3R yaitu recycle, re-use dan reduce sesuai dengan prinsip pelestarian alam. Masuk ke dalam toko, suasana terasa “segar” dengan finishing dinding berupa cutting sticker dan wallcover yang unik. Sebagian dinding diolah berupa pintu-jendela kaca lebar untuk memaksimalkan pandangan dan memaksimalkan masuknya cahaya alami dan hampir semua furnitur dibuat dari kayu bekas. Tiba di area bistro, suasana langsung terasa lapang dan bernuansa outdoor dengan hadirnya plafon miring yang tinggi dan pepohonan di dalam bangunan. Dulu, area bistro ini merupakan halaman belakang rumah lama lalu dibangun dengan menggunakan struktur balok dan kolom dari besi yang sengaja diekspos dan di-finishing cat warna putih. Bidang penyekat ruang dalamnya dibiarkan transparan sehingga tercipta satu ruangan luas yang ditata untuk area bersantap. Atapnya dirancang model pelana yang kolongnya cukup tinggi sehingga dimanfaatkan jadi lantai mezanin yang diakses melalui tangga model melingkar. Furnitur area bistro dirancang bergaya modern dengan sentuhan retro seperti terlihat pada kaki sofa dan sandaran kursinya. 

Baca Juga Kiat Mengatasi Tikus di Rumah




0 komentar:

Posting Komentar